zondag 11 maart 2018

Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal Pada Kulit

Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal Pada Kulit -
Kulit gatal atau pruritus yakni keadaan yang sangat biasa terjadi. Tetapi apabila terjadi dalam waktu lama dan diiringi gejala lain, situasi tersebut dapat menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal.

Gatal bisa terasa pada zona tertentu atau semua tubuh. Kulit kemerahan atau ruam merupakan gejala yang tak jarang mengiringi rasa gatal. Pada umumnya keadaan ini bisa reda dengan sendirinya, atau hilang setelah ditangani dengan obat-obatan bebas. Melainkan ada kalanya, gatal tidak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi yang lebih serius. Baca juga seputar: cara menyembuhkan eksim secara alami

Elemen di Balik Gatal
Mengenali penyebab gatal penting untuk menetapkan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling umum, ada banyak hal lain yang bisa menjadi pemicu gatal, ialah:
Penyakit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal lazimnya timbul pada area kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, sampai bintik merah.

Kulit kering (xerosis) bisa diduga menjadi penyebab rasa gatal. Keadaan ini lazimnya teridentifikasi kalau tidak ada bintik merah atau perubahan lain yang nampak pada permukaan kulit. Kulit kering biasanya disebabkan oleh keadaan lingkungan, seperti udara dengan kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, serta terus-menerus berada di dalam ruangan ber-AC. Baca juga tentang: Cara Mengobati Sakit Gatal Pada Kulit

Gangguan saraf, seperti sklerosis multipel, diabetes, syaraf terjepit, serta herpes zoster.

Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.

Respon alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan baju, seperti pakaian yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi pengaruh makanan tertentu, biang keringat, serta alergi terhadap tanaman tertentu.

Di masa kehamilan, beberapa wanita menikmati gatal pada bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Sebagian keadaan sulit kulit yang dapat berkembang dikala hamil antara lain:
  • Papula urtikaria pruritus dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut komponen atas.
  • Prurigo gestationis: ruam pada lengan, kaki, dan tubuh komponen atas.
  • Kolestasis obstetrik: gangguan pada hati di masa kehamilan yang menyebabkan rasa gatal tanpa ruam.
Penyebab lain:
  • Alergi terhadap obat semisal antibiotik atau aspirin.
  • Gigitan serangga dan parasit: gigitan nyamuk, kutu rambut, sengatan lebah.
  • Infeksi seperti cacar, kurap, dan jamur.
  • Situasi psikologis seperti depresi dan kecemasan.
  • Menopause: perubahan hormon dikala menopause bisa menyebabkan gatal-gatal.
Tips-tips Mencegah Gatal Menetap
Menggaruk bukanlah solusi gatal. Menggaruk kulit tubuh yang gatal dapat membuatnya luka, berbekas, malahan terinfeksi. Penanganan gatal yang tepat bergantung dari elemen penyebabnya. Berikut ini sebagian tutorial umum yang bisa diikuti:
  • Lebih bagus mengusap ketimbang menggaruk area yang gatal.
  • Minimalisasi konsumsi makanan pedas, kafein, dan minuman keras yang bisa memengaruhi aliran darah dan menyebabkan gatal bertambah parah.
  • Kompres bagian yang gatal dengan kain flanel yang dibasahi air dingin.
  • Potong kuku Anda sehingga tak akan memunculkan luka jika tidak bisa membendung diri untuk menggaruk zona yang gatal.
  • Mandi dengan air dingin dan batasi agar waktu mandi tidak lebih dari 20 menit.
  • Hindari pengaplikasian baju dengan bahan yang bisa menambah rasa gatal, seperti wool atau pakaian yang terlalu ketat.
  • Oleskan losion sesudah mandi untuk membikin kulit konsisten lembap.
  • Gunakan sabun dengan kandungan ringan yang tak terlalu berisiko menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan sprei dengan bahan yang tidak panas dengan permukaan halus.
  • Lebih rileks dan sebisa mungkin kelola stres. Kecemasan dapat membikin gatal memburuk.
Selain sistem-cara simpel di atas, gatal sebab keadaan tertentu juga dapat ditangani dengan obat-obatan antihistamin dan krim steroid yang dijual bebas di pasaran. Baca juga: alergi gatal gatal pada kulit

Akan tapi, Anda sebaiknya lantas memeriksakan diri ke dokter bila gatal pada kulit tidak kunjung reda setelah 2 pekan, terasa tak tertahankan, atau benar-benar mengganggu sehingga Anda tak bisa berpusat. Situasi ini berisiko menjadi lebih serius terutamanya jika gatal disertai gejala lain, seperti pembengkakan, kelelahan, kulit yang memerah atau bahkan menguning (diikuti menguningnya mata), penurunan berat badan, perubahan frekuensi membuang air kecil.

Untuk menolong memudahkan diagnosis dokter, Anda dapat menulis daftar perihal:
  • Kapan gatal mulai dirasakan.
  • Apa saja gejala yang menyertainya (jikalau ada).
  • Daftar obat-obatan yang dikonsumsi beberapa waktu terakhir.
  • Apakah sedang menjalani pola makan tertentu.
  • Apakah bepergian ke daerah tertentu.
  • Apakah terjadi kontak dengan elemen-unsur yang berpeluang memunculkan gatal, seperti binatang piaraan.
Sekiranya dokter mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang lebih serius, Anda bisa diminta untuk menjalani percobaan darah untuk mengonfirmasi potensi kekurangan zat besi. Pemeriksaan lain juga mungkin dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan fungsi tiroid, gangguan ginjal, serta sinar X untuk memeriksa kelenjar limpa. Baca juga: apakah eksim bisa sembuh total

Dokter kadang meresepkan calcineurin inhibitors (penghambat kalsineurin) untuk menekan daya kerja cara kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Antidepresan dapat jadi diberikan bila metode-sistem sebelumnya tak sukses.

Apabila langsung diperiksa dan ditangani dengan tepat, gatal tak akan meninggalkan bekas dan justru dapat menjadi elemen yang membantu diagnosis penyakit tertentu.

Demikian ialah kutipan tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal Pada Kulit yang bisa de nature rangkumkan untuk kita semua. Semoga review tersebut bermanfaat dan bisa menambah ilmu untuk Agan semua.